Kuliner

Kapal Selam Palembang

Nirwana Sembilan Benua | Kamis, 23 April 2015 - 14:42:57 WIB | dibaca: 730 pembaca

Resep Empek-empek Kapal Selam - Berdasarkan catatan sejarah makanan pempek atau empek empek sudah dikenal di Palembang semenjak imigran China yakni kurang lebih abad 16 ketika Sultan Mahmud Badarudin II bertahta. Istilah empek-empek alias pempek dipercaya berawal dari julukan 'apek', yakni nama untuk laki-laki tua Cina. Menurut mitos rakyat, kurang lebih tahun 1617 seorang 'apek' berumur 65 thn. yang bermukim di kawasan tepi Sungai Musi sedih melihat tangkapan ikan melimpah di Sungai Musi. Hasil ikan itu tidak semuanya digunakan, cuma digoreng ataupun dibuat pindang. Si Apek lantas menjajal cara pengolahan ikan yang lain. Dia mencampurkan daging ikan giling bersama tepung tapioka dan diperoleh makanan baru. Makanan baru itu dijual apek menggunakan sepeda berkeliling kota. Lantaran pedagangnya biasa disapa "pek … apek", sehingga makanan itu kemudian populer dengan empek empek atau pempek.

Pada mulanya empek empek dibikin dari ikan belida. Akan tetapi dengan kian jarang dan mahalnya ikan belida, maka kemudian diganti menggunakan ikan gabus yang lebih murah, namun citarasanya tetap gurih. Perkembangan berikutnya, dimanfaatkan pula jenis ikan sungai lain contohnya ikan toman, ikan bujuk dan ikan putak. Digunakan pula jenis ikan laut misalnya kakap merah, tenggiri, ekor kuning, parang-parang ataupun ikan sebelah. Bahan bahan : 250 g daging ikan yang sudah digiling 1/2 sendok makan penyedap rasa 1 sendok makan gula pasir 1/2 sendok makan garam 125 cc air 250 g tepung sagu 5 butir telur Bahan bahan untuk cuko : 125 g gula merah yang direbus dengan 300 cc air dan disaring. 1/2 sendok makan garam 1/4 sendok makan penyedap rasa masakan 1/4 sendok makan bawang putih di tumbuk halus 1/2 sendok makan cabe rawit yang sudah dihaluskan 1/2 sendok makan cabe merah dihaluskan 1 sendok makan cuka 1/2 sendok makan ebi ditumbuk kemudian disangrai Cara membuat empek empek kapal selam : Tambahkan daging ikan dengan air sedikit sedikit sembari diuleni sampai merata. Masukkan gula pasir, garam dan penyedap rasa, campur sampai rata. Tambahkan sagu uleni lagi hingga rata. Timbanglah adonan untuk satu pempek adalah 50 g. Ambil satu dan lubangi tengahnya kemudian tambahkan sebutir telur ayam di dalamnya, rapatkan adonan sehingga telur tak terlihat. Masukkan empek empek ke air mendidih, rebus hingga matang. Ambil dan ditiriskan. Goreng empek empek tadi sampai kekuningan lalu iris iris dan sajikan bersama mie, irisan mentimun dan kuah cuko. Cara membuat cuko, campurkan cabe rawit, cabe merah halus, bawang putih halus dan cuka. Biarkan selama 30 menit. Masukkan larutan gula merah, penyedap rasa dan garam. Cuko siap disiramkan pada empek empek.

sumber : http://tipscaramembuat.blogspot.com/2014/03/resep-cara-membuat-empek-empek-kapal.html










    Komentar Via Website : 5
    Rusmie
    10 September 2016 - 08:45:54 WIB
    Kontennya bagus-bagus sekali bos. Pake penulis profesional ya? Coba web jasa arsitek rumah murah di www.studio43-arsitekbanjarmasin.com ini juga pake. Pasti mantap pengunjungnya.
    Andika
    12 September 2016 - 21:55:29 WIB
    Infonya sangat berharga sekali. Semoga webnya makin profesional seperti layanan jasa seo https://seohandal.com/ yang handal dan murah di Indonesia ini.
    Selamet
    20 Mei 2017 - 17:42:54 WIB

    Mohon ijin ikut membaca untuk sumber reverensi ya Min, semoga bermanfaat

    https://goo.gl/6kqE0c || https://goo.gl/U498XA
    Hendro
    20 Mei 2017 - 17:43:43 WIB
    Terimakasih atas informasi yang sudah di berikan, semoga bermanfaat Min
    www.rumahkayujepara.co.id | www.furniturejepara.co.id
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)